Sunday, April 2, 2017

NTT Memiliki Potensi Pariwisata Luar Biasa




Berikut adalah artikel di media sosial yang sangat menarik dan penting untuk diketahui bersama para sahabat kristo blasin : 

Provinsi NTT memiliki beragam potensi wisata, baik itu potensi wisata budaya, alam, situs bersejarah dan sebagainya. Meski demikian, jika potensi wisata tersebut tidak ditata dan dikelola secara baik serta dipasarkan kepada public, maka tentu potensi wisata yang ada tidak dikenal wisatawan secara luas.
Tetapi, jika potensi yang ada dikelola, ditata dan dipasarkan secara baik, maka wisatawan akan mengenal dan tertarik untuk berkunjung ke lokasi-lokasi wisata yang ada di NTT.
pengembangan pariwisata di NTT harus dikembangkan secara agro ecotourism. Pasalnya, alam dan budaya NTT sangat mendukung. Karena itu, pengembangan potensi wisata di NTT harus dilakukan dengan cara menyesuaikan dengan karakteristik lokal yang ada di daerah ini yakni pengembangan wisata yang berbasis pada alam dan budaya yang ada.
Potensi wisata yang ada harus di dorong, tapi harus berbasis pada alam dan budaya yang ada. jangan mau kopi budaya dari luar untuk diterapkan di daerah kita. Tapi  pertahankan kebudayaan yang ada di daerah kita.
Potensi wisata alam dan budaya yang ada di NTT , memiliki daya tarik yang sangat kuat bagi pelancong. Untuk itu, jika pengembangan potensi wisata yang ada salah dikonsepkan, maka nilai tawar wisata NTT di mata wisatawan tidak memikat lagi.
Belakangan ini wisatawan pada umumnya ingin berwisata ke daerah-daerah yang masih asli. "Sekarang kebanyakan wisatawan ingin menginap di tempat-tempat wisata yang dibuat dari bahan alamiah. peluang ini harus dikembangkan, karena daerah kita sangat cocok untuk pengembangan wisata seperti itu.
Jadi, orientasi pengembangan pariwisata di NTT adalah yang berkaitan dengan alam termasuk akomodasinya.
Kementerian sangat mendukung konsep pengembangan potensi wisata di NTT secara agro ecotourism, karena budaya dan alam di NTT sangat mendukung. Jika pemerintah di kabupaten mendukung konsep tersebut, maka pemerintah sudah harus menjadikan pengembangan potensi wisata sebagai program prioritas di daerah masing-masing,sebagian daerah di dunia sangat maju karena potensi parawisatanya dikembangkan semaksimal mungkin, karena kontribusi untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata sangat signifikan. Pariwisata adalah aset yang dapat mendatangkan uang sepanjang waktu, hanya membutuhkan kreativitas dan kemauan untuk mengelolanya.
       
Alasan berkembangnya trend pariwisata di NTT karena;
NTT diproyeksikan menjadi salah satu destinasi pariwisata dunia 2018 karena hampir semua kabupaten/kota dikelilingi lokasi wisata alam, bahari, budaya dan
Religius yang layak menjadi tujuan wisata. Potensi pariwisata seperti pulau-pulau besar dan kecil dengan kekayaan alam yang luar biasa dan langka di dunia di antaranya komodo dan danau kelimutu serta wisata dasar laut dan wisata budaya dan rohani lainnya belum dikelola dan dikembangkan secara maksimal untuk percepatan dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat.
 Wisata pulau komodo, di labuan Bajo.


Wisata Rohani, Semana Santa.
Menyadari hal itu pemerintah pusat dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Provinsi NTT masuk dalam Koridor Bali-Nusa Tenggara dengan tema besar pembangunannya adalah Pintu Gerbang Pariwisata dan Pendukung Pangan Nasional. Koridor ini ada tiga kegiatan ekonomiUtama, yakni Pariwisata, Perikanan, dan Peternakan.

Tiga kegiatan ekonomi ini dipilih karena diketahui bahwa sektor pariwisata, perikanan dan peternakan berkontribusi besar terhadap PDRB masing-masing provinsi yaitu sebesar 47% (Bali), 36% (NTB) dan 56% (NTT).
Dengan rata-rata peningkatan kontribusi terhadap PDRB sebesar 11 persen per tahun selama lima tahun terakhir, ketiga kegiatan tersebut dapat berpotensi untuk menjadi mesin penggerak perekonomian di Koridor Ekonomi Bali-Nusa Tenggara.Lewat koridor ekonomi ini diharapkan perekonomian NTT bisa bertumbuh signifikan.
Dalam konteks itulah, sektor Pariwisata mestinya menjadi Leading Sector, lokomotif pembangunan ekonomi NTT. Pariwisata harus menjadi pilar dinamika perekonomian NTT. Kendati sangat menjanjikan dan sudah menjadi destinasi nasional, fakta menunjukkan potensi wisata NTT tidak pernah ditata dan diurus secara serius, sebab kelak, bukan tidak mungkin akan melebihi keunikan yang saat ini dimiliki Bali sebagai surganya wisata dunia.

Untuk mencapai tujuan tersebut saat ini pihak Dinas Pariwisata NTT menerapkan beberapa strategi seperti memperbaiki objek wisata dan juga melakukan berbagai promosi tentang keindahan dan keunikan parawisata yang ada di provinsi NTT."Untuk proyek infrastruktur yang mendukung sektor pariwisata, tahun ini direncanakan akan dibangun Dermaga Kapal Pesiar di Pulau Komodo.
Menurut dia pembangunan Dermaga Kapal Pesiar yang direncanakan akan berakhir pada 2015 mendatang adalah upaya untuk menjawab keluhan dari para wisatawan mancanegara yang merasa kesulitan melabuhkan kapal saat mengungsi pulai itu. Selain Dermaga Kapal Pesiar di Komodo, pemerintah pusat juga merencanakan membangun satu lagi dermaga pariwisata di Maumere, Flores dan saat ini sedang Dalam tahap persiapan.

Jenis Pariwisata ramah lingkungan.
Seperti Wisata bahari,Wisata alam,Wisata air dan Wisata Danau. Pengembangan pariwisata Ramah lingkungan yang sukses tergantung pada keseimbangan yang tepat  antara penggunaan sumberdaya lingkungan sebagai bahan dasar produk wisata, dengan dampak lingkungan yang dapat menyebabkan kerusakan kualitas lingkungan dan sumberdaya alam. Ada cukup konsensus bahwa sumberdaya yang terbatas (yaitu danau, waduk, sungai, pantai dll.) dan kualitas ekosistemnya merupakan faktor pembatas bagi pengembangan pariwisata. Meskipoun sudah ada definisi yang baik tentang pariwisata berkelanjutan dan ekowisata (yaitu oleh Ecotourism Society, World Tourism Organisation WTO, Québec Declaration on Ecotourism), namun masih ada beragam pandangan mengenai batas dan daya dukung lingkungan.


Pantai Nembrala Rote.
Pariwisata berbasis alam atau ramah lingkungan tengah digaung-gaungkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jenis wisata ini tidak merusak alam, dan memiliki keuntungan bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat.
"Pariwisata berkelanjutan itu menguntungkan masyarakat setempat, terutama dari segi ekonomi, ekowisata yang dikembangkan di daerah, bisa menguntungkan masyarakat yang ada di sektiarnya. Penduduk setempat tidak hanya jadi penonoton, tapi juga jadi pelaku untuk bisa merasakan manfaat dari pariwisata.
Dengan melibatkan masyarakat dalam pengembangan pariwisata ramah lingkungan, mereka bisa mendapatkan keuntungan ekonomi. "Selain itu juga masyarakat pastilah yang paling mengerti soal lingkungan setempatnya. Dengan mengajak mereka jadi pelaku, bisa menghindari kegiatan pariwisata yang merusak lingkungan.
Contoh pariwisata Ramah lingkungan adalah Pantai. Pantai adalah Aset Pariwisata mayoritas di Indonesia. salah satunya pantai Nembrala yang berada di Pulau Rote yang masuk dalah wilayah propinsi Nusa Tenggara Timur.Pantai Nembrala dikenal karena gelombang ombaknya yang besar dan menantang bagi para peselancar hingga sempat beberapa kali menjadi lokasi kompetisi selancar internasional. Bila Anda tidak bisa berselancar, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan disini. Snorkeling, menyelam, berenang atau hanya sekedar bermain pasir dengan pasir Nembrala yang berwarna putih dan halus serta ramah lingkungan.


Peran Pariwisata khususnya Industri Perhotelan di Nusa Tenggara Timur (NTT)

Daerah yang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Bahkan, potensi wisata NTT dinilai lebih mahal daripada Bali. Ditambah lagi, perkembangan pembangunan sektor wisata di NTT semakin pesat. Pembangunan hotel-hotel berbintang dan rumah makan juga tak berhenti.
Sadar atau tidaknya perkembangan Hotel di NTT sekarang menjadi pusat perhatian utama yang mendukung pembangunan Pariwisata selain banyaknya pembangunan Hotel di NTTdengan berbagai fasilitas dari standart,dan Hotel bintang 4 dengan fasilitas bintang 5 dan satu satunya Hotel Bintang 5 di NTT terdapat di Labuan Bajo menjadi salah satu bukti nyata kemajuan Hotel di NTT.
Group Aston yang terkenal juga sudah ikut membangun Hotel di NTT yakni tepatnya di Kupang.beberapa Hotel berbintang terkenal juga sudah di bangun di Kupang NTT antara lain cabang dari Hotel Aston yaitu Hotel Neo yang di bangun di depan Hotel T-more,Hotel Kristal yang berkerja sama dengan Team dari Swiss Bellin ,juga ada Hotel On the Rock yang menjadi salah satu Favorit warga kota Kupang karena fasilitas Swimming Pool nya yang berhadapan langsung denganView Beach Sunset dan Sunrisenya.
Ada juga berbagai Hotel berbintang lainnya di NTT yang di bangun dekat dengan Tempat Pariwisata sekitar. Jadi menurut saya  Hotel di NTT sudah bisa bersaing dengan Hotel di Daerah lain yang lebih maju yang di dukung dengan Fasilitas,keamanan,, Harga yang Terjangkau dan Pelayanan yang Profesional.
Dan jika anda ingin menginap di hotel yang masih asri atau alami di daerah tertentu Pilih Hotel (Penginapan) yang ramah lingkungan. Hotel (Penginapan) ramah lingkungan yang dimaksud adalah yang memiliki pengolahan sampah cukup baik (organik dan anorganik), memelihara kelestarian lingkungan hotel termasuk dengan membiarkan burung-burung yang ada berterbangan bebas, merawat tanaman (pohon) yang dapat mendatangkan burung-burung serta sebagian besar karyawan berasal dari penduduk lokal. Kenapa penduduk lokal, karena jika sebagian besar karyawan adalah masyarakat sekitar maka penggunaan bahan bakar untuk menuju ke tempat kerja akan berkurang, hal tersebut mengurangi emisi gas yang terbuang ke udara.



Copyright © 2014 Maria Angelika Betekeneng


Komodo di Pulau Komodo Labuan bajo Photo oleh Andarmuji Aan Member Of Willys Community Indonesia




Danau Kelimutu
Nembrala Rote
Jaga Pantai Tetap Indah, Photo oleh Sean Robert Perth Australia "Somewhere in Maumere"



Alor Diving Paradise
Keindahan Pulau Timor, Photo oleh Elgyzel Glen Ndjukambani

Dan masih banyak lagi potensi yang harus kita kenal. Semua bisa terwujud asalkan dibarengi dengan pembangunan manusia yang menuju kepada manusia yang mencintai dan menjaga budaya serta memiliki jiwa hospitality yang tinggi seperti menjaga para tamu yang berkunjung, tidak mabuk-mabukan di jalan yang dapat mengganggu, menjaga kebersihan dan memberikan informasi yang tepat kepada siapa saja yang membutuhkan informasi tentang budaya dan keindahan NUSA TENGGARA TIMUR. Salam Sahabat Kristo

Kirimkan Saran anda  Untuk NTT Melalui Email Kristo Blasin......marselinasintasayang@yahoo.com.........


  

No comments:

Post a Comment

Pesan Dan Saran Sangat saya Harapkan, Jangan Ragu berikan respon anda !, Saya mengucapkan terima kasih banyak